Thursday, September 20, 2012

Apple (iPad Mini) Menggoyang Pasar Tablet

Kabar akan beredarnya iPad Mini buatan Apple dengan harga Rp 2 jutaan sudah sampai ke Indonesia. Pasar Tablet murah akan bergoyang. Apple akan menghadirkan perangkat yang populer dengan sebutan “iPad Mini” akan dirilis dalam waktu berdekatan dengan iPhone 5. Kehadiran Ipad mini jika benar dijual sekitar dua jutaan, tentu saja akan berdampak pada penjualan tablet diatas harga tiga jutaan dan juga Tablet murah non branded dibawah dua jutaan. Bisa dipastikan jika selama ini calon pemakai yang ingin membeli Tablet akan beralih ke iPad Mini. Hal ini yang ditunggu-tunggu bagi pencinta teknologi dengan fitur lengkap juga murah. Jika informasi yang beredar benar, bahwa Apple akan meluncurkan iPad Mini pada pertengahan September nanti maka diprediksi akan ‘menggoyang’ pasar Tablet. iPad Mini berukuran sekitar 7 inci akan dipasarkan dengan harga lebih murah, yakni sekitardua jutaan. iPad akan menjadi pesaing Tablet Android termasuk Amazon Kindle Fire ataupun Google Nexus 7.

Kehadiran Google Nexus 7 beberapa waktu lalu menurut beberapa pengamat ditujukan untuk menyaingi Amazon Kindle Fire, Tablet Android murah yang laris di pasaran. Kehadiran Google Nexus 7 menambah seru persaingan kelas Tablet karena dibanderol dengan harga US$ 199. Kehadiran Nexus 7 yang bersaing dengan Amazon Kindle Fire juga diperhitungkan oleh Apple.

Selain itu, kehadiran iPad Mini untuk meredam larisnya produk Tablet yang sudah melebihi Apple. Contohnya Samsung yang cukup sukses dipasar Tablet dan Smartphone Android. Berdasarkan laporan laba Samsung pada kuartal kedua yang dikeluarkan beberapa waktu lalu, seperti dikutip GSM Arena menyebutkan, Samsung diperkirakan telah menjual lima puluh juta Smartphone jauh meninggalkan rivalnya, yakni Apple dengan angka penjualan 26 juta. Tingginya angka penjualan Smartphone Samsung, menurut Reuters beberapa waktu lalu, telah memecahkan rekor penjualan Smartphone dikuartal kedua.

Sementara, laporan laba Apple pada Agustus 2012 menyatakan bahwa Apple mengambil 77 persen dari keuntungan industri Smartphone pada fiskal kuartal kedua. Hasil itu luar biasa, mengingat Apple hanya menyumbang 6 persen dari industri smartphone dan tablet berdasarkan laporan yang disertakan untuk kuartal terakhir.

Dengan meluncurnya iPad Mini buatan Apple, akan terjadi persaingan dua perusahaaan raksasa dunia yakni Apple dan Samsung. Kehadiran iPad Mini diharapkan akan ‘Menggoyang’ pasar Tablet yang selama ini dikuasai Samsung. Akankah Ipad Mini bisa merebut pasar yang sudah lebih dulu dikuasai Android? siapa yang tak kenal Apple, branded kuat yang dimiliki membuat pengamat yakin iPad Mini akan bersaing dan laku keras dipasaran. Kita tunggu saja.Jika berhasil, bukan tak mungkin Apple akan kembali berjaya. Jika diharuskan memilih, apakah Android atau iPad Mini

No comments:

Post a Comment